Bacan Palamea Super
5 Cara Merawat Batu Bacan Agar Mengkilap Dan Mengkristal
July 9, 2015
GAP Logo
GAP Bukan ‘Gay And Proud,’ Ini Dia Arti Sebenarnya
July 10, 2015

Tips Sederhana Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Mudik Menggukanan Motor

Mudik Menggukanan Motor

Hai OMK – Bermudik dengan sepeda motor sudah menjadi kebiasaan di masa-masa libur panjang atau lebaran. Bukan karena ingin sekedar menghemat, banyak pemudik tidak mendapatkan kendaraan pulang seperti tiket kereta api yang sudah terjual habis dan tiket bus yang sangat mahal menjadikan sepeda motor sebagai solusinya.

Mengingat jarak tempuh yang jauh, para pemudik dengan sepeda motor harus mempersiapkan segala perlengkapan termasuk riding gear dengan tepat. Tidak hanya itu, pakaian yang digunakan pun harus selalu nyaman selama perjalanan. Bagaimana caranya untuk berkendara aman saat mudik menggunakan sepeda motor, berikut ini uraian singkatnya:

1. Gunakan Helm SNI

Perlengkapan pertama yang wajib digunakan adalah helm berstandar nasional Indonesia (SNI), jangan menggunakan help yang murah meriah dan bukan SNI.

Disarankan untuk menggunakan helm model full face dikarenakan helm akan melindungi bagian kepala secara menyeluruh terutama pada bagian wajah dan pastikan helm yang digunakan sudah terkancing dengan baik.

2. Gunakan Jaket Khusus Berkendara

Untuk mudik jangan menggunakan jaket sehari-hari seperti sweater dan sejenisnya melainkan jaket yang khusus untuk berkendara. Jaket ini memiliki bahan yang cukup tebal tetapi sirkulasi udaranya cukup baik sehingga tidak gerah saat digunakan.

Tidak hanya  itu, jaket model ini juga telah terdapat lapisan busa pelindung yang cukup tebal di beberapa bagian seperti bahu dan siku untuk meminimalisir efek benturan ketika terjadi insiden yang tidak kita harapkan.

3. Pakailah Sepatu Atau Boots

Disarankan menggunakan sepatu/ boots mengingat kondisi perjalanan yang panjang butuh berbagai perlengkapan yang mendukung keselamatan. Sepatu/ boots juga berguna untuk menahan panas dari mesin agar kaki tidak terbakar oleh radiasi panas mesin motor. Jangan menggunakan sepatu dengan sol yang terlalu tebal, agar kaki Anda tetap sensitif kala menginjak rem ataupun gigi perseneling.

4. Pakailah Pelindung lutut

Gunakanlah pelindung lutut dalam mudik nanti, karena pelindung ini berfungsi untuk menjaga lutut dari efek benturan yang cukup parah akibat insiden sehingga dapat meminimalisir cidera.

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...