illustrasi pertikaian orangtua
Pertengkaran Orangtua Berpengaruh Pada Otak Anak
July 13, 2015
Mary Jane Veloso
Bukti Baru, Mary Jane Justru Korban Perdagangan Manusia
July 14, 2015

Petanque Olahraga Baru Untuk Kalangan Anak Muda

petanque permainan

petanque permainan

Hai OMK  Petanque adalah cabang olahraga jenis baru yang semakin mendapat perhatian dari kalangan anak muda, terutama para pelajar dan mahasiswa di Bali. Pada setiap kejuaraan dilaksanakan, peserta yang mendaftar selalu melebihi dari rencana yang ditetapkan oleh pelaksana.

Petanque sendiri adalah suatu bentuk permainan boules yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras atau minyak, tapi juga dapat dimainkan di rerumputan, pasir atau permukaan tanah lain.

“Di Bali, cabang olah raga baru ini ternyata mendapat sambutan baik dengan telah terbentuknya Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) di semua Kabupaten/kota,” kata Ketua Umum FOPI Bali, Drs Yamadiputra di Denpasar.

Yamadiputra menjelaskan bahwa di Singaraja, Bali bagian utara sudah banyak terdapat klub Petanque seperti di Undiksha, STKIP, SMA Lab. Para atlet di daerah Singaraja ini telah memiliki prestasi, begitu pula di daerah lainnya seperti di Denpasar, Bangli, Jembrana dan Badung.

Cabang olahraga ini sudah berkembang di semua kabupaten dan kota di daerah, serta telah terbentuk pengurus di delapan kabupaten dan kota dari sembilan yang ada.

Dengan terbentuknya kepengurusan tersebut, pihaknya akan mampu lebih sering menyelenggarakan kejuaraan dengan mengundang atlet-atlet di Nusantara maupun Internasional untuk bisa bertanding di Bali.

Untuk menyambut semangat anak muda, Bali berupaya memperbanyak kejuaraan Petanque dalam mempersiapkan diri untuk mencetak atlet tangguh sebagai persiapan maju ke arena Internasional maupun Nasional untuk bisa maju pada PON mendatang.

Yamadiputra menjelaskan, eksibisi segera dilaksanakan di Singaraja dengan mempertandingkan sepuluh nomor diantaranya single, double, triple putra/putri, nomor mix double, mix triple serta ditambah dengan nomor keahlian yaitu shooting putra dan putri.

Untuk peraturan yang digunakan dalam pertandingan, mengacu kepada peraturan pertandingan yang ditetapkan oleh Federasi Petanque International (FIPJP).

 


Sumber sesawi.net

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...