Send Application
Aplikasi Send | Kirim Email Layaknya Pesan Instan.
July 24, 2015
Olimpiade Spesial 2015
July 25, 2015

Perbedaan Premium, Pertamax Dan Pertalite

Pertalite Premium Pertamax

Pertalite Premium Pertamax

Hai OMK – Bingung rasanya dalam memilih jenis BBM yang akan digunakan untuk kendaraan, ada Premium, Pertamax, Pertamax Plus, dan yang baru adalah Pertalite. Tetapi apa saja yang membedakan dari masing-masing jenis BBM tersebut ?

Berikut ini beberapa hal yang membantu orang muda dalam membedakan antara Premium, Pertamax, dan Pertalite.

1. Nilai oktan

Bilangan oktan atau research octane number (RON) ialah angka yang menunjukkan kekuatan tekanan atau kompresi BBM terhadap mesin. Semakin tinggi kadar oktan pada sebuah jenis BBM, maka kinerja mesin akan semakin baik. Dengan BBM yang beroktan tinggi, residu atau kotoran sisa pembakaran pada mesin dapat diminimalkan.

Diurutkan dari harga yang paling murah, Premium memiliki RON 88, Pertamax RON 92, dan Pertamax Plus RON 95. Pertalite sendiri adalah produk menengah yang di apit oleh Premiun dan Pertamax dengan RON 90.

2. Warna cairan

Warna cairan pada setiap BBM berbeda-beda. Premium dengan warna kuning cerah yang berasal dari zat pewarna tambahan (dye). Lalu Pertamax, yang memiliki warna biru kehijauan, dan Pertamax Plus, yang berwarna merah. Pertamax dan Pertamax Plus tidak menggunakan pewarna, sehingga pembakarannya lebih sempurna.Lalu bagaimana dengan Pertalite ? Jenis BBM ini memiliki warna hijau terang akibat perpaduan dari bahan Premium dengan Pertamax.

3. Harga

Dari segi harga, Premium masih yang paling murah meski subsidi BBM telah dicabut yakni menjadi Rp. 7.300 per liter. Sedangkan untuk harga Pertamax dipatok dari Rp 9.300 (Jakarta dan sekitarnya) hingga Rp 21.700 (Papua) per liter.

PT Pertamina (Persero) mulai hari ini (24/7/2015) menjual bensin terbarunya dengan merek Pertalite seharga Rp 8.400 per liter.

4. Volume penjualan

Berdasarkan perhitungan rata-rata harian, tingkat konsumsi Premium mencapai 70-80 ribu kiloliter, sedangkan Pertamax 8.000 kiloliter. Untuk Pertalite, Pertamina akan menyalurkan 8 kiloliter BBM untuk setiap SPBU selama pada masa percobaan.

 


Sumber tempo.com

 

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...