Orang Muda Terkaya 2015
5 Orang Muda Terkaya di Tahun 2015
August 3, 2015
Diam itu emas
“ Diam-Diam Menghanyutkan “
August 5, 2015

6 Langkah Sederhana Menjadi orang muda kreatif

Menjadi orang muda kreatif

Menjadi orang muda kreatif

Hai OMK – Kreatif itu adalah kemampuan untuk melahirkan ide-ide yang orisinil dan berguna untuk orang banyak. Menjadi orang muda kreatif (OMK) adalah keinginan dari setiap orang, dan tidak semuanya bisa menjadi orang muda kreatif.

Sebelum kamu mengetahui cara menjadi OMK, terlebih dahulu kamu harus tau apa ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri dari orang muda yang kreatif:

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
  2. Banyak nanya.
  3. Sering memberi usulan atau gagasan.
  4. Bebas berpendapat.
  5. Menonjol di salah satu seni.
  6. Melihat suatu masalah melalui sudut pandang yang berbeda.
  7. Memiliki humor yang tinggi.
  8. Imajinasi kuat.
  9. Orisinil.

Sekarang kamu sudah tahu kan, ciri-ciri OMK? Bila kamu sekarang beranggapan tidak memiliki semua dari ciri-ciri diatas, kamu bisa mencoba beberapa trik untuk mengembalikan potensi kreatif kamu yang terpendam untuk menjadi orang muda kreatif.

1. Sediakan Waktu.

Waktu yang harus kamu sediakan adalah waktu untuk bersantai dan membebaskan pikiranmu. Seperti pergi ke kafe, pantai atau apapun yang tidak banyak orang. Di tahap ini kamu diharuskan untuk menyegarkan pikiranmu, dan bisa juga disiasati dengan tidur siang atau bermeditasi. Ide itu akan datang ketika pikiran kita mudah di kontrol (tenang).

2. Ubah Rutinitas.

Kamu memiliki kebiasaan yang monoton, setiap harinya melakukan itu-itu saja? Untuk menjadi orang muda kreatif, kamu harus merubah itu semua. Dimulai dari hal-hal kecil contohnya, cobalah kamu pergi ke sekolah/ kantor melalui rute yang berbeda dari biasanya dan temukan rute-rute barumu. Apa yang kamu dapat dari rute baru itu ? mungkin jalan pintas, atau mungkin tempat baru yang lebih asik dan menyengkan.

Dengan cara ini kamu akan mengembangkan kemampuanmu dalam melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, meningkatkan rasa ingin tahu dan membuat kamu banyak tanya jika tersesat.

3. Mengamati Orang Lain.

Semakin banyak kamu mengamati orang lain maka semakin kamu belajar dari guru yang sesungguhnya. Amati bagaimana mereka bisa mendapatkan masalah, amati bagaimana mereka menyelesaikannya dan amati dampak-dampak dari apa yang telah mereka lakukan. Jika, mereka melakukan kesalahan maka kamu dapat menghindari kesalahan yang sama. Jadikan setiap orang dalam hidup kamu adalah guru dan inspiratormu.

4. Bagi Pengalaman.

Sharing pengalaman kepada orang lain bukanlah hal yang merugikan kamu, jangan takut bila ternyata orang itu lebih kreatif daripada kamu. Semakin banyak kamu berbagi pengalaman dan mendengarkan orang lain maka kamu akan mendapatkan ide-ide baru yang kreatif.

Setiap kamu berbagi pengalamanmu dengan orang lain, kamu juga akan berani memberikan masukan dan gagasan dan membuatmu bebas untuk berpendapat.

5. Minta Masukan.

Sering-seringlah kamu bertanya kepada orang lain mengenai ide-ide kreatifmu. Bagaimana pandangan mereka, apa reaksinya dan minta juga masukan terhadap idemu. Ide baru itu akan muncul ketika ide lama dievaluasi dan membuat pengembangan menjadi ide yang kreatif.

6. Lakukan !!.

Sudah memiliki ide-ide kreatif tapi tidak tahu harus berbuat apa ? kejadian seperti ini yang paling sering membuat ide itu punah. Hal pertama yang kita takutkan adalah kegagalan, dan biar kamu tahu bahwa kegagalan adalh awal daripada kesuksesan.

Jangan pernah takut untuk memulainya karena semakin banyak kita merealisasikan ide kita maka akan semakin berkembanglah kreatifitas kita.

 


 

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

It's only fair to share...