Bergerak Menggairahkan
Bergerak Menggairahkan
August 13, 2015
Gemuruh 2 | instagram.com/jktmovein
Pesan Persatuan dari Drama Musikal Gemuruh
August 18, 2015

Ayo Kerja! Apa Maknanya?

70thIndonesiaMerdeka

70thIndonesiaMerdeka

Hai OMK – MERDEKA!!! Seruan ini tak akan pernah hilang dari Indonesia, karena di hari ini tepat 70 tahun yang lalu, Indonesia mencapai titik puncak perjuangannya. Masa penjajahan yang cukup panjang mendesak bangsa Indonesia yang tadinya sempat terpuruk untuk kembali bangkit dan memulai tahap baru kehidupannya di Tanah Air tercinta.

Sebagai orang muda, banyak partisipasi yang kita ikuti. Mulai dari upacara bendera di sekolah atau kantor, sampai ikut berlomba memeriahkan acara 17-an di RT/RW, Kecamatan/Kelurahan, Desa/Kota. Tak jarang juga orang muda ikut ambil bagian dalam kepanitiaan untuk mengurus kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka hari kemerdekaan Indonesia. Sudahkah kita sungguh merasa merdeka dengan semua partisipasi itu??

Tahun ini ada slogan baru yang sedang booming di media sosial. “Ayo Kerja”. Makna apa yang bisa kita tangkap dari slogan ini? Si pencipta logo dan slogan tentu saja punya makna dan tujuan tersendiri yang terkandung dalam karyanya ini, tapi bukan tidak boleh kita juga memaknai karya ini melalui sudut pandang kita masing-masing. Selama mengarahkan kepada hal yang baik, kenapa tidak?

Menyambut kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah mencapai angka 70 ini, kita pasti sudah mengenal keberagaman di Indonesia dengan cukup baik. Meski masih banyak asumsi yang terkadang memacu emosi, tapi alangkah lebih baik kalau kita bisa bertindak lebih bijaksana dengan berbagai perbedaan ini. Sudah 70 tahun merdeka, masa masih mau gini-gini aja?

Sebagai salah satu contoh pemaknaan, mari kita coba membahas soal slogan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI), “Ayo Kerja”. Kata Kerja dalam KBBI diartikan sebagai kegiatan melakukan sesuatu; yg dilakukan (diperbuat), sesuatu yg dilakukan untuk mencari nafkah; mata pencaharian. Bagaimana menurut kita? Dan apa yang selama ini sudah kita lakukan untuk memaknai kata “kerja” ini?? Bekerja untuk memperoleh rejeki dan meraih mimpi serta cita-cita, atau bekerja untuk memenuhi kehidupan lalu membagikan kehidupan itu untuk kemudian membantu orang lain meraih asa?

Tentu pilihan pertama akan dan bahkan telah menjadi tujuan hidup sebagian besar dari kita. Tapi tak ada salahnya kan untuk menengok sedikit pilihan kedua? Dalam pilihan kedua ini kita bisa menemukan makna lain dari kata “kerja”. Kerja disini maksudnya bukan kerja di kantor ya teman-teman, tapi kerja untuk melakukan sesuatu. Tapi melakukan apa? Dan buat apa?

Mungkin kita pernah dengar pepatah ini “It’s good to have money and the things that money can buy, but it’s good, too, to check up once in a while and make sure you haven’t lost the things that money can’t buy.” (George Horace Latimer). Apa ya, hal-hal yang tidak bisa kita beli dengan uang? Memangnya ada?? Tentu saja ada! Kita tidak bisa membeli kedamaian dengan uang, kita tidak bisa membeli kebahagiaan, penghormatan, kepercayaan, umur panjang, dan masih banyak lagi hal-hal yang tidak bisa kita beli dengan sebanyak apapun uang atau harta yang kita dan bahkan keluarga besar kita miliki secara turun-temurun.

Kesatuan bangsa dan Perdamaian Indonesia juga adalah salah satunya. Ditengah banyaknya perbedaan dan keragaman agama, suku, bahasa dan budaya di Indonesia, sampai perbedaan warna kulit dan cara pandang serta pola pikir setiap pribadi yang unik, maukah kita berusaha untuk menerima, memahami dan menghargai semua kekayaan yang kita miliki ini? Sungguh luar biasa kekayaan ragam Indonesia yang bisa membuat kita belajar lebih banyak tentang tujuan akhir hidup yang sebenarnya. Namun tentu saja itu semua kembali pada pribadi kita masing-masing.

Jika ada banyak orang yang memahami dan melaksanakan hal ini, bisa dipastikan tak hanya uang saja, tapi akan lebih banyak hal baik lainnya dalam kehidupan yang bisa kita capai bersama sebagai pribadi yang saling peduli dan mau bekerjasama untuk meraih persatuan dan kedamaian dalam kehidupan di dunia ini, yang tentu saja tidak bisa kita beli dengan uang. Lalu gimana pendapat kalian, sobat muda?

Dirgahayu untuk Indonesia yang ke-70! Semoga semakin banyak orang yang saling menginspirasi dan terinspirasi untuk membawa bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada kehidupan yang lebih baik lagi. AYO KERJA!

Share on Facebook24Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...