70thIndonesiaMerdeka
Ayo Kerja! Apa Maknanya?
August 17, 2015
Pulau Weh
Keindahan Pulau Weh, Ujungnya Indonesia.
August 20, 2015

Pesan Persatuan dari Drama Musikal Gemuruh

Gemuruh 2 | instagram.com/jktmovein

Gemuruh 2 | instagram.com/jktmovein

Menurut saya, kekuatan seni dapat mengubah hidup seseorang, dan saya mendedikasikan diri saya untuk seni.
-Chelsea Island-

Hai OMK – Gemuruh tepuk tangan serta standing applause dari ribuan penonton mengakhiri pertunjukkan drama musikal di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) malam itu. Tepuk tangan berlanjut saat pemuda-dan pemudi yang terlibat di belakang panggung pertunjukan turut naik ke atas panggung dan menampakkan diri. Mereka adalah orang muda kreatif yang mau menyampaikan pesan persatuan dan semboyan “Bhinneka tunggal ika” lewat sebuah pertunjukkan kreatif bertajuk Drama musikal “Gemuruh”.

Drama berkisah tentang sebuah negeri bernama Samasta. Didiami oleh empat klan suku yang punya kepercayaan dan gaya hidup berbeda. Perbedaan membuat mereka hidup dalam konflik hingga sebuah bencana menghancurkan Samasta. Pada akhirnya persatuan membuat mereka mampu membangun kembali Samasta. Mereka memulai hidup baru dalam perdamaian.

Gemuruh | instagram.com/jktmovein

Gemuruh | instagram.com/jktmovein

Kisah ini tentu menganalogikan kondisi Indonesia saat ini. Begitu banyak perbedaan yang berujung pada konflik serta sikap saling menyalahkan. Lewat drama musikal Gemuruh, orang muda yang terlibat didalamnya mau mengingatkan kembali pentingnya persatuan dalam perbedaan jika ingin menciptakan perdamaian.

Acara yang dihelat selama dua hari yaitu tanggal 15 dan 16 Agustus 2015 ini diprakarsai oleh Jakarta Movement of Inspiration. Sebuah wadah yang dibentuk pada tahun 2014 untuk menampung bakat-bakat seni anak muda di daerah Jakarta dan sekitarnya. Tidak hanya sekedar saran hiburan, wadah ini juga mau menyampaikan pesan moral dan pesan inspiratif lewat seni.

Pertunjukkan yang diadakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia ini menarik antusias para penikmat seni. Yang tak kalah menarik, drama ini juga melibatkan pemain film papan atas Chelsea Island yang menjadi Executive Producer dan Ambassador. Sejak awal produksi, Chelsea memang melakukan promosi Casting Call drama musikal melalui akun media sosialnya. Selain itu pertunjukkan yang punya nilai edukasi ini juga didukung oleh Menteri Pendidikan, Anies Baswedan.

jktmovein#SIKARA

jktmovein#SIKARA

Para aktor dan aktris yang terlibat dipilih melalui seleksi ketat . Dari ribuan pelamar yang mengikuti audisi terpilih 34 anak muda berbakat dari latar belakang yang berbeda. Lewat persiapan yang dilakukan selama enam bulan mereka mampu menyuguhkan kolaborasi seni. Mereka tidak hanya bermain peran tetapi juga menghibur lewat nyanyian dan tarian.

Para penonton tentu terhibur. Terbukti dari sorak sorai dan reaksi yang muncul saat adegan demi adegan dimainkan secara total oleh para pemeran. Jalannya cerita dikemas dengan menarik. Adegan lucu bahkan romantis yang muncul selalu disambut dengan tepuk tangan meriah. Ditambah efek Lighting dan Backsound music yang menambah kesan artisitik panggung teater.

Namun yang menentukan keberhasilan seni tersebut tentu reaksi dari para penonton setelah meninggalkan gedung pertunjukan. Apakah para penonton mau membuat keputusan untuk menjaga dan menciptakan persatuan di tengah perbedaan demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Seperti kalimat yang sempat diucapkan oleh Sakta, nama salah satu peran: Perubahan keputusan yang kita buat di hari ini mampu menulis ulang sejarah di masa depan.

 


 

Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

It's only fair to share...