Me Time
“Me Time” Tips Menghilangkan Titik Jenuh
August 20, 2015
Mengapa Menggunakan .ID ?
August 27, 2015

Video | Bahaya Penyalahgunaan Media Sosial Terhadap Anak

Illustrasi Penculikan Anak

Illustrasi Penculikan Anak

Hai OMK – Video “The Dangers of Social Media (Child Predator Social Experiment)” akan membuka mata orang tua, dimana anak-anak harus dijauhkan dari penyalahgunaan media sosial terhadap anak.

Dalam video ini menampilkan betapa mudahnya orang asing untuk dapat mengajak teman media sosialnya berjumpa. Bahkan mereka tidak ragu-ragu untuk mengundang orang asing itu kedalam rumahnya dimalam hari.

Berikut videonya

Penggunaan media sosial tanpa pengawasan terhadap anak sangatlah berbahaya, di Indonesia sendiri sudah banyak kasus penculikan, pemerkosaan, bahkan pembunuhan yang dilakukan oleh orang asing yang di kenal melalui media sosial.

Untuk mencegah hal-hal tersebut, berikut tips untuk menjaga anak atau adik tersayang kita dari bahaya media sosial;

1. Pelajarilah Tentang Media Sosial.

Kamu atau orang tua harus tau perkembangan media sosial, terlebih yang digunakan oleh adik kecil kita. Sebagai referensi ini media sosial yang populer di Indonesia, Facebook, Twitter, Instagram, Path, BBM, Whatsapp, Pinteres, Snapchat, Vine, Secret dan Whisper.

2. Pahami Pedoman & Aturan Pada Tiap Media Sosial.

Setiap platform media sosial memiliki aturan dan keunggulannya masing-masing, ada yang terbatas oleh jumlah pertemanan dan ada pula yang tidak memiliki batasan.

3. Terapkan Batas Usia Kepemilikan Media sosial.

Kamu dan orangtuamu harus menerapkan batasan usia agar sang adik dapat menggunakan media sosial. Jangan sampai ada konten-konten yang tidak layak terkonsumsi olehnya.

4. Mengatur Profil Bersama.

Pastikan kamu atau orang tua mendampingi mereka saat mendaftar ke media sosial. Dengan kamu membantu mereka, maka kamu bisa memantau segala informasi pribadi mereka yang di unggah, mengetahui password mereka, dan mengatur privasi aplikasi.

5. Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Kamu atau orang tua sebaiknya selalu memeriksa perkembangan mereka di media sosial. Bisa kamu lakukan dengan login sebagai mereka (dengan catatan kamu memiliki ID dan Password mereka), atau menjadi teman/ relasi di media sosialnya.

6. Beritahu Tentang Risiko & Bahaya Bermedia Sosial.

Sang adik tersayang harus tau, bahaya dan resiko saat menggunakan media sosial. Mereka jangan hanya tau hal-hal yang baik tentang media sosial tetapi harus tau pula yang buruknya dan oleh sebab itu kamu atau orang tua harus memberitahukannya dan terus mengawasinya.

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook18Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...