Pencegahan Osteoarthritis
Mencegah Serangan Osteoarthritis Sejak Dini
September 1, 2015
PADRE PIO Mulai Dari Stigmata Sampai Kontroversi
September 2, 2015

Liburan Murah Dengan 600 Ribu Ternyata Bisa 4 Hari Di Jogja

4 hari hanya 600K di jogja

4 hari hanya 600K di jogja

Hai OMK – Ternyata dengan dana kurang dari Rp. 600.000 kamu dapat liburan murah menikmati keindahan Jogja dan sekitarnya dalam waktu 4 hari. Karena tidak perlu biaya mahal untuk dapat keluar dari rutinitas yang membosankan.

Lalu tempat apa saya yang dapat dikunjungi dengan biaya kurang dari Rp. 600.000, berikut daftarnya;

Goa Pindul/ Cave Pindul.

Goa Pindul terbilang unik, karena dengan panjang goa 350 meter dan lebar hingga 5 meter ini kamu akan menemukan banyak hal-hal menarik yang dapat membuatmu terkagum-kagum. Disana terdapat ornamen cantik seperti batu kristal, moonmilk, stalaktit dan stalagmit yang indah.

Ditengah-tengah goa ada sebuah pilar raksasa yang terbentuk dari proses pertemuan stalaktit dan stalagmin yang sudah berusia ribuan tahun. Atap Goa Pindul juga dipenuhi oleh kalelawar serta sarang burung walet yang cantik. Tak hanya itu, ada satu spot favorit untuk menikmati goa ini ialah batu besar yang disinari oleh matahari yang masuk melalui lubang kecil di atas goa.

Paket liburan murah Goa Pindul tergolong terjangkau, karena dengan harga Rp. 50.000 kamu mendapatkan jasa pemandu yang akan menceritakan sejarah lengkap Goa Pindul dan perlengkapan lainnya.

Retribusi masuk kawasan Pindul Rp. 10.000/ orang.
Paket Goa Pindul Rp. 35.000/ orang.
Parkir mobil Rp. 5.000/ mobil.

Baca juga Ini Dia 15 Tempat Wisata Menjadi Prioritas Bappenas

Air Terjun Sri Gethuk.

Kamu pernah ke Green Canyon yang ada di Pangandaran ? Kurang lebih suasana di Air Terjun Sri Gethuk ini hampir sama seperti itu. Karena untuk menuju lokasi kamu terlebih dahulu harus mengarungi sungai dengan air yang berwarna hijau ditambah pepohonan di samping kiri dan kanan sungai.

Berbeda dengan Green Canyon, disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun cantik yang membentur bebatuan besar. Lokasi yang cocok untuk berfoto ria serta menikmati aliran air terjun bersama keluarga dan teman-teman.

Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun tersebut adalah tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik jin Anggo Meduro.

Retribusi masuk kawasan Air Terjun Sri Gethuk Rp. 10.000/ orang.
Jasa antar jemput perahu Rp. 10.000/ orang.
Parkir mobil Rp. 5.000/ mobil.

Bukit Bintang.

Bukit Bintang terkenal dengan pemandangan malamnya, terlebih detik-detik saat matahari mulai terbenam. Banyak orang menjadikan lokasi ini sebagai tempat favorit untuk berburu sunset kota Jogja. Bukan karena mitos, namun keindahan alam tidak akan pernah berbohong.

Kemarin kami tidak sempat menikmati kemolekan matahari terbenam dari Bukit Bintang. Namun, sebagai gantinya kami menikmati keindahan Kota Jogja sambil makan malam di salah satu warung makan di Bukit Bintang.

Hanya untuk meluruskan, Bukit Bintang bukanlah bukit kosong yang tak berpenghuni namun tempat yang bagus untuk menikmati kerlap-kerlip lampu kota Jogja. Jika kamu pernah ke puncak Bogor, Bukit Bintang tampak serupa namun tidak sama.

Sungai Progo, Magelang.

Sungai yang mengaliri Jawa Tengah dan Jogja bersumber dari lereng Gunung Sumbing hingga ke Pantai Kwaru. Sungai Progo juga terkenal dengan olahraga raftingnya dan menjadi sungai favorit bagi pecinta olahraga tersebut.

Jalur paling favorit bagi penikmat olahraga arung jeram adalah Progo Atas, dimana sudah ratusan ribu wisatawan yang menikmatinya sejak tahun 1997. Tingkat kesulitan jeram di jalur ini adalah Grade III, aman untuk pemula dari usia delapan tahun keatas tanpa harus memiliki kemampuan berenang.

Paket rafting liburan murah Rp. 150.000/ orang atau Rp. 750.000/ kapal dengan isi maks lima orang.

Angkringan Margomulyo.

Tempat nongkrong paling seru di Malioboro itu yah di angkringan Margomulyo, selain makanan yang terbilang murah disini juga seperti café-café elit yang memiliki Live Music. Hampir setiap malamnya angkringan ini ramai pengunjung, terlebih bila malam minggu di saat ramai-ramainya wisatawan datang ke kota Jogja.

Dahulu untuk menikmati angkringan ini kamu harus datang di sore hari karena mereka hanya buka dari jam 17.00 – 02.00 WIB. Namun sekarang angkringan Margomulyo telah dibuka sejak pukul 09.00 – 00.00 WIB untuk memanjakan wisatawan maupun para mahasiswa dan pelajar di kota Jogja.

Baca juga Keindahan Pulau Weh, Ujungnya Indonesia

Hutan Pinus Imogiri.

Hutan pohon pinus yang cantik ini terletak di Bantul, Jogja, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat kota bila kamu menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mencapai ke lokasi kamu harus berhati-hati karena kondisi jalanan yang berkelok-kelok serta tidak terlalu lebar agak sulit untuk di tanjak.

Hutan Pinus Imogiri sering digunakan sebagai spot untuk foto prewedding bagi calon pengantin dikarenakan pemandangannya yang indah dan terbilang sangat murah. Untuk masuk ke kawasan hutan ini kamu hanya cukup membayar parkir kendaraan dan tidak dipungut biaya lain.

Parkir mobil Rp. 5.000/ mobil.

Warung SS.

Warung makan yang terkenal di Jogja ini memiliki keunggulan pada sambelnya menjadikan rumah makan unik dan patut untuk kamu coba. Disana mereka menyajikan makanan berkualitas dengan bumbu-bumbu dan sambal khas Indonesia tapi tidak menguras kantong kita.

Jangan salah memilih sambal, karena setiap sambal disini memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda dimulai dari yang biasa saja hingga yang paling pedas. Dengan konsep ini membuat warung makan ini menjadi tujuan utama bagi pecinta makanan pedas.

Pantai Parangtritis.

Salah satu tempat dengan sunset terbaik di Jogja adalah Pantai Parangtritis. Matahari di sore ini akan mengeluarkan wana merah keemasan yang masih memberikan kehangatan menjelang malam.

Untuk menikmati senja, disini ada fasilitas penyewaan ATV dimana kamu dapat mengarungi bibir pantai dengan nuansa adventure. Dan untuk kamu yang membawa adik kecil, pantai ini juga menyediakan kolam renang buatan khusus anak-anak.

Dibalik keindahannya, disini ternyata memiliki peraturan yang ketat yaitu tidak boleh berenang. Sedikit kecewa namun kita masih diperbolehkan merasakan dinginnya air laut dengan berjalan-jalan di pinggiran pantai asalkan tidak berenang. Karena mitosnya pantai ini adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul.

Retribusi masuk kawasan Pantai Parangtritis Rp. 4.500/ orang.
Parkir mobil Rp. 5.000/ mobil.

Malioboro.

Siapa yang tidak mengenal Malioboro ? Jalanan yang menjadi tempat wisata nomor satu di Jogja. Disana kamu akan menemui pedagang kaki lima yang menjajakan dagangan khas Jogja dan juga barang-barang unik lainnya.

Tak hanya itu, jalan Malioboro juga selalu di isi dengan karya seni anak bangsa dimana biasanya pemerintah melakukan lomba dan memajangnya di trotoar jalan Malioboro. Dimalam hari kamu juga akan sering menemui pengamen jalanan yang mengapresiasikan seninya dengan bernyanyi, pantonim dan lain-lain.

 


Rincian pengeluaran dengan delapan orang.

Pengeluaran pribadi:

Paket Cave Pindul Rp. 50.000

Paket Air Terjun Sri Gethuk Rp. 20.000

Paket rafting Sungai Progo Rp. 150.000

Retribusi Kawasan Pantai Parangtritis Rp. 4.500

Total Pengeluaran Pribadi = Rp. 224.500

Pengeluaran Kelompok

Sewa Mobil Rp. 275.000/hari x 3 = Rp. 825.000

Bensin Rp. 100.000/ hari x 3 = Rp. 300.000

Penginapan Rp. 500.000/ hari x 3 = Rp. 1.500.000

Parkir Rp. 40.000

Total pengeluaran kelompok Rp. 2.665.000/ 8 = Rp. 333.125

Total keseluruhan pengeluaran liburan murah

Rp. 224.500 + Rp. 333.125 = Rp. 557.625

Catatan:

Pengeluaran belum dihitung biaya transportasi dari kota asal, beda tempat beda biaya. Dan untuk biaya makan di Jogja tidak mahal tergantung kamu makan dimana. Siapkan dana Rp. 15.000 untuk sekali makannya, semakin kamu banyak makan tentunya pengeluaranmu akan semankin banyak.

Penginapan di Jogja tergolong murah, sebenarnya kamu bisa mendapatkan harga Rp. 200.000 – Rp. 250.000/ malam jika jauh-jauh hari sudah booking.

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook231Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn9
It's only fair to share...