UNFORGETTABLE CHRISTMAS | KMK Gunadarma
February 6, 2016
PMKAJUS-CAN 2015-2016
February 18, 2016

Kenapa William Tanuwijaya Dapat Menjadi Orang Muda Sukses ?

William Tanuwijaya Orang Muda Sukses

William Tanuwijaya Orang Muda Sukses

Hai OMK – Siapa yang tidak tahu Tokopedia ? tapi tahukah kamu, William Tanuwijaya adalah orang muda sukses yang mendirikan website jual-beli online nomor satu di Indonesia tersebut.

Wiliam bersama Leontinus Alpha Edison memulai dengan sebuah ide yang muncul pada tahun 2007 dimana awalnya dia bermimpi memiliki perusahaan internet sendiri. Namun, ketika ia menjadi pembicara pada forum online kafegaul yang memiliki fasilitas jual beli muncullah ide untuk menciptakan startup baru yang sekarang dikenal dengan Tokopedia.

Di awal membangun website jual-beli tersebut, William berada dalam keadaan yang tidak baik untuk seorang pengusaha baru. Pada saat itu, ayahnya divonis kanker dan menyebabkan ia tidak dapat melepas pekerjaannya sebagai karyawan untuk nafkah keluarganya. Dia mulai berfikir, mengapa “Facebook dan Google” aplikasi yang sehari-hari dia gunakan dapat dipakai secara gratis ? Dari mana mereka mendapatkan uang ?. Dari situ, ia mulai belajar dan tahu tentang adanya pendanaan untuk startup company di negara-negara maju.

Terinspirasi dari pemodal ventura (venture capitals), William mulai mendatangi satu-persatu orang yang memiliki uang lebih dan menjelaskan tentang Tokopedia. Ia juga datang kepada bos tempat dia bekerja, menjelaskan tentang Indonesia sebagai negara kepulauan dan transaksi kepercayaan dalam jual-beli online.

Dua tahun lamanya William mencari investor dan mendapatkan kepercayaan mereka untuk memberikan pendanaan modal awal. Dari situ ia belajar, bahwa sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan jika kita benar-benar memulainya dari nol. Di tahun 2009, Ia dan Leontinus mendapat kepercayaan dan langsung menggunakannya untuk membangun sebuah tim yang solid dan menjadikan tokopedia sebagai aplikasi yang dapat digunakan secara gratis oleh siapapun.

Puncak kepercayaan yang terbesar didapatkan oleh mereka para orang muda sukses adalah Oktober 2014 dengan mendapatkan dana 100 juta dolar dari “Softbank Internet & Media” dan “Sequoia Capital”. Dimulai dengan tim yang beranggotakan empat orang sekarang sudah mencapai 300-an Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) dan lihat sekarang, aplikasi tersebut menjadi yang nomor satu dalam hal kepercayaan dan tingkat penjualan online.

Lantas, mengapa kamu tidak mencoba untuk menjadi orang muda sukses seperti mereka ? Tidak ada batasan untuk kamu dalam memulai usaha baru, ketekunan, sabar dan rendah hati dapat menjadi kunci sukses dimasa mendatang.


Picture source

Article Source

 

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook20Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...
  • sangat menginspiratif sekali, bisa menjadi pelecut semangat untuk para anak muda, agar tidak perlu ragu untuk memiliki usaha sendiri

  • bisa jadi motivasi ini buat muda-mudi Indonesia agar tetap semangat dan berusaha. sangat menginspirasi

  • joko yugiyanto

    Sy, km n kita secara tak sengaja seperti mas wil
    Kita pny usaha kecil2an saat ini tp sapa tau 5 thn lg besar tho min

    • Ancelmus Simamora

      aminin biar sukses 😀

  • asep saeful roni

    semoga saya dan yang membaca komentar saya, bisa mempunyai usaha sendiri dan sukses di kemudian hari, semangatt!!!

  • ketika mendengar kisah-kisah orang sukses,,selalu terinspirasi, namun terkadang inspirasi tersebut dapat hilang secara tiba-tiba….kenapa ya..?

  • Semoga kelak ane juga bisa sukses seperti dia gan. Amin
    Bayangkan aja 100 juta e hmhm Luar biasa

  • Rehan Firdaus

    BW gan