PMKAJUS-CAN 2015-2016
February 18, 2016
Aurora Ramadhan Wadah Kebersamaan di Tengah Perbedaan
June 26, 2016

4 Bahaya Makanan Ringan Berikut Kandungannya

tricks crisps low calories

tricks crisps low calories

Hai OMK – Makanan ringan adalah makanan favorit bagi semua kalangan, selain mudah dibawa cemilan juga sangat menolong dikala lapar datang pada waktu yang tak tentu.

Tapi tahu kah kamu bahwa makanan ringan memiliki kandungan yang cukup berbahaya bagi tubuh kita ? Di kutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan kandungan berbahaya pada cemilan:

Zat yang Terkandung pada Makanan Ringan

Setiap makanan ringan yang dibuat pastinya kandungan zat aditif seperti:

  • Pewarna makanan:
    Terletak pada bagian komposisi makanan yang tertera pada tulisan seperti Tartazine, kuinolin, kuning FCF, karmoisin, ponceau, eritrosin.
  • Pemanis buatan:
    Banyak dari produsen makanan lebih menggunakan pemanis buatan daripada gula asli, dikarena bahan bakunya lebih murah. Jika terdapat tulisan aspartan, sakarin, sukralosa, assesulfam K pada komposisi makanan ringan berarti cemilan tersebut mengandung pemanis buatan.
  • Pengawet makanan:
    Rata-rata makanan ringan yang sanggup bertahan hingga satu tahun, berarti cemilan tersebut menggunakan bahan pengawet. Beberapa macam pengawet makanan ialah asam asetat, benzoate, sulfit dan garam nitrit.

Okey, pada penjelasan di atas sudah banyak rangkuman dari dampak buruk yang disebabkan oleh zat aditif pada makanan ringan. Berikut kita simak 4 dampak buruk makanan ringan :

1. Hiperaktif pada Anak

Sistem imun yang dimiliki oleh setiap anak lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa. Saat mengonsumsi makanan ringan dalam jumlah yang banyak, anak-anak menjadi lebih hiperaktif daripada biasanya. Dalam hal ini, pewarna dan pemanis makanan buatan merupakan faktor utama dimana anak-anak menjadi hiperaktif. Buat orangtua atau kakak, sudah sepatutnya kita mengawasi setiap asupan buat sang buah hati/ adik.

2. Diabetes Tipe 2

Fakta mengatakan bahwa makanan ringan banyak dibuat menggunakan tepung dan pemanis buatan. Tepung sendiri adalah karbohidrat yang akan diubah di dalam tubuh untuk menjadi glukosa. Bila orang muda mengonsumsi makanan ringan dengan jumlah yang banyak maka besar kemungkinkan akan meningginya gula dalam darah dan menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Alergi Pada Makanan Tertentu

Sekali lagi, sistem imun yang terdapat pada setiap orang pastinya berbeda-beda. Tidak sedikit orang yang mengalami alergi pada jenis makanan tertentu. Terlebih jika alergi terhadap pewarna buatan dan dapat menjadi lebih parah seiring dengan berjalannya waktu.

4. Obesitas/ Kelebihan Berat Badan

Walaupun kita menyebutnya makanan ringan, tapi coba lihat jumlah kalori yang terkandung pada cemilanmu. Kandungan sebesar 300-400 kalori terdapat dalam satu makanan ringan. Sedangkan kebutuhan kalori setiap harinya hanya 2000 kalori untuk semua makanan dalam sehari penuh.

Jika kamu memakan lebih dari tiga cemilan, coba hitung sudah berapa banyak jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Dengan kelebihan berat badan maka akan terjadi efek samping pastinya untuk aktifitas sehari-hari kita.

Banyak kan dampak buruk dari makanan ringan yang biasa kita santap. Nah sekarang kamu harus lebih teliti dalam memilih makanan ringan yang akan di konsumsi. Dimulai dari mencoba alternatif makanan ringan enak tapi sehat seperti Tricks. Tricks adalah potato chips yang terbuat dari kentang asli dan hanya mengandung kurang dari 100 kalori. Cemilan ini juga menggunakan gula murni, sehingga aman untuk di makan. Yah intinya, gak bakalan takut mengalami kelebihan berat badan dengan mengkonsumsi cemilan ini.

Saran dan Kritik kirimkan ke email kami admin@akuomk.com
Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...