Strategi Membangun BRAND BISNIS di Sosial Media
Strategi Membangun Brand Bisnis di Sosial Media
February 9, 2017
Gaia Restoran Romantis di Jakarta
10 Rekomendasi Restoran Romantis di Jakarta
February 23, 2017

Memilih Roti Sehat Dan Cocok Untuk Diet

roti sehat cocok untuk diet

Roti adalah salah satu makanan yang cocok untuk diet, tetapi tidak semua roti sehat dan dapat dikonsumsi ketika ingin mengurangi berat badan. Sebelum itu kita harus tau apa saja jenis-jenis roti dan kandungannya, sehingga dapat mengetahui mana yang baik untuk dikonsumsi dan yang tidak.

Berikut Jenis-Jenis Roti

Pada umumnya roti terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum utuh, ragi, air, gula dan garam. Jauh dari situ kamu harus mengecek kandungannya terlebih dulu jika ingin beli.

 

roti sehat gandum cocok untuk diet

Roti Gandum

Roti yang terbuat dari gandum adalah yang paling bernutrisi dengan pengolahan dari biji gandum. Serat dan antioksidan seperti Vit A dan E, juga mineral esensial dan asal folat. Tidak hanya itu roti gandum juga mengandung fitokimia yang mengurangi rasio dari timbulnya penyakit jantung dan kanker.

Satu lembar roti gandum mengandung setidaknya 69 kalori, 12 gram karbohidrat, dan 3.6 gram protein.

 

roti sehat putih cocok untuk diet

Roti Putih

Kamu pasti sering mendapatkan roti tawar yang umumnya dibuat dari tepung terigu ini adalah roti putih. Dalam proses pengolahannya biasanya sisi samping seperti kulit dan benihnya di keluarkan dan banyak menjadikan nutrisi dalam kandungan roti ini menghilang. Sisa yang ada tinggallah karbohidrat dan tidak cocok bila menjadi pilihan roti sehat untuk diet.

Satu lembar roti putih mengandung setidaknya 100 kalori, 15 gram karbohidrat, dan 2.7 gram protein.

 

roti sehat berwarna cocok untuk diet

Roti Manis atau Berbagai Rasa

Roti yang kita tahu tidak hanya yang tanpa rasa atau tawar, justru banyak yang mengandung rasa dan lezat dibanding yang tanpa rasa. Dengan farian topping seperti coklat, krim, madu, jagung, keju dan lain-lain. Tidak jarang juga roti yang ditambahkan dengan pewarna.

Roti jenis ini tergantung terhadap merek rotinya karena kandungan kalori dan nutrisinya akan berbeda-beda sesuai jenisnya.

Cara Memilih Roti Sehat?

Setelah penjelasan diatas pasti kita bingung untuk memilih mana roti yang baik dan roti sehat untuk dikonsumsi. Terlebih kita membutuhkannya untuk kesehatan dan berniat untuk menurunkan berat badan.

Berikut penjelasan dalam memilih roti sehat;

roti sehat cocok untuk diet

Pertama Pilihlah Roti Berbahan Dasar Gandum

Pilih roti sehat yang bertuliskan “100% wholemeal flour” atau “100% whole-grain,” dari situ kamu dapat mengetahui bahwa roti tersebut terbuat murni dari gandum. Roti berbahan pure gandum adalah yang paling baik dikonsumsi dibandingkan dengan yang lainnya.

Kedua Pilihlah Roti Yang Punya Kandungan Serat Tinggi

Serat yang terkandung di dalam roti gandum lebih tinggi bila dibandingkan dengan roti putih. Sehingga dua lembar roti putih (60 gram) mengandung 1.5 gram serat, sedangkan untuk porsi yang sama roti gandum mengandung setidaknya 4 gram serat.

Ada dua jenis serat yaitu serat larut dapat melebur dalam air sedangkan serat tidak larut akan membuat feses lunak dimana dapat mencegak konstipasi. Serat larut juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan kadar gula darah.

Ketiga Memperhatikan Kandungan Sodium

Dua lembar roti putih mengandung kurang lebih 200 miligram sodium dan kebutuhan harian dalam tubuh adalah 2000 miligram. Banyak jenis roti yang terdapat kandungan sodium yang tinggi jadi kita harus berhati-hati karena dalam konsumsi berlebih dapat meningkatkan rasio hipertensi.

Jadi, kamu sangat disarankan untuk mengkonsumsi roti yang terbuat dari gandum dan memiliki kandungan sodium normal. Jangan lupa untuk memilih roti sehat dengan kandungan serat yang tinggi dan mudah larut.

Orang Muda Kreatif
Im “Orang Muda Kreatif” and Im Ancel.
Contact me with email st.ancel45@gmail.com
or with my IG: ancelmus
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
It's only fair to share...