Catatan Nobar & Diskusi Film Before The Flood – Temu Kebangsaan w/ Romo Andang
August 5, 2017

Sudah Tahu Kapan Waktu Terbaik Minum Susu ?

Sudah Tahu Kapan Waktu Terbaik Minum Susu ?

Meminum susu bisa kapan saja, namun kebanyakan orang meminumnya dipagi hari saat memulai aktivitas atau malam hari sebelum tidur istirahat. Sebenarnya ada gak sih waktu terbaik minum susu ? Lalu apa manfaatnya buat kita ?

Disini saya mau berbagi pengalaman yang berawal dari rasa penasaran dengan mengketik di Google “Waktu Terbaik Minum Susu.” Awalnya cuman iseng tapi eh ternyata ada juga loh, dan berikut penjelasannya dari beberapa ahli.

Susu paling baik diminum pada Pagi dan Malam hari,

Menurut Prof Dr Hardinsyah MS kepada tim Liputan6, sebenarnya untuk minum susu tidak terbatasi oleh waktu. Namun, ada waktu terbaik minum susu agar kandungan gizi dapat terserap dengan baik dan lebih bermanfaat yakni pagi dan malam hari.

“Sesempatnya saja kapan, karena saya pagi sering terburu-buru sehingga gak sempat minum. Sehingga baru sempat malam hari dan ada juga yang minum sore hari, itu gak masalah,” tambahan dari Ahli Gizi, Prof Dr Hardinsyah.

Ada lagi pendapat yang serupa, dimana pagi hari menjadi waktu terbaik minum susu untuk mendapatkan lebih banyak protein saat sarapan. Susu memang kaya akan kalsium dan protein, namun susu juga mengandung  zat pendukung seperti potasium, magnesium, fosfor dan vitamin yang berguna sebagai penjaga organ-organ tubuh dan perkembangan sel.

Jika dimalam hari, susu juga tepat setelah seharian bekerja/beraktivitas. Susu yang memiliki kandungan asam amino tritofan baik untuk melepaskan serotonin yang dapat membantu kamu lebih rileks.

Jangan meminum susu mendekati waktu makan,

Info yang saya dapatkan, menyatakan bahwa minum susu saat mendekati waktu makan itu tidak baik. Seorang pakah gizi dari Universitas Indonesia, Dr dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan minum susu sebelum makan akan membuat kita jadi cepat kekenyangan dan justru jadi tidak nafsu makan.

Dan waktu terbaik minum susu adalah dua jam sebelum atau sesudah makan, selain untuk menghindari rasa kenyang hal ini juga bermanfaat agar kandungan kalsium yang terdapat pada susu dapat terserap dengan sempurnal oleh tubuh.

Dari penjelasan diatas sepertinya dapat disimpulkan bahwa kita dapat minum susu kapan saja, namun demi mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya kita minum susu di pagi hari ataupun di malam hari dengan catatan dua jam sebelum/sesudah makan.

Menarik juga yah pembahasan kita mengenai susu, sudah bernutrisi tinggi banyak pula manfaat positif yang kita terima jika rajin minum susu. Maka dari itu biasakan yuk minum susu sejak dini, jika belum ayo lakukan dari sekarang!

Leave a Reply